Aktivasi OS Windows & MS Office untuk Dosen & Tendik dengan Registry KMS Server

Registrasi Aktivasi OS Windows & MS Office untuk Dosen & Tendik dengan KMS Server Jurusan Analis Kesehatan

Alhamdulillah, telah dibangun Server KMS Microsoft di Jurusan Analis, setiap dosen dan karyawan berhak mengaktivasi sistem operasi Windows dari semua device yang dimilikinya, selama device tersebut mendukung aktivitas/pekerjaan dosen dan Tendik di Poltekkes Kemenkes Semarang.
Aktivasi ini diperuntukkan bagi dosen dan karyawan Jurusan Analis Kesehatan POLKESMAR. Untuk aktivasi Windows bagi mahasiswa khusus bagi Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan.

Kami infokan pertama adalah KMS Key, dimana key lisensi disediakan secara Open/Terbuka oleh pihak Microsoft bisa anda baca Dokumentasi KMS Client Microsoft. Dan kedua untuk sebagai Mesin Penerima Aktivasi Lisensi disediakan oleh KMS Server (harus dibangun dahulu) dimana alhamdulillah di Jurusan Analis Kesehatan telah membangunnya. Berbeda dengan aktivator KMS crack pada umumnya yang sering dikatakan “mbajak” windows, dimana ketika aktivasi, Internet pada Perangkat PC/Laptop harus dimatikan terlebih dahulu, padahal sejatinya tidak diaktivasikan ke server MS (kamuflase tampilan windows), berbeda dengan KMS Server, disini justru wajib dinyalakan karena seperti wajibnya mengaktivasi OS Original atau Office secara Online ke Mesin KMS Server.

Aktivasi Windows dapat dilakukan secara manual oleh dosen dan karyawan sendiri. Hal ini karena aktivasi Windows di Jurusan Analis telah menggunakan KMS (Key Management Service) yang memungkinkan komputer dosen/karyawan sebagai client berkomunikasi dengan KMS host di local server Jurusan Analis Kesehatan.

Langkah aktivasi ini dapat dilakukan untuk mengaktivasi Windows 10, versi Windows di bawah Windows 10 (Windows 8, Windows 7), Windows Server 2012 dan versi di bawahnya.

Langkah Aktivasi OS Windows, Pertama :

1. Cara Aktivasi OS Windows Menggunakan KMS Server

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator
  2. ketik perintah slmgr /ipk -LISENSI-
    Disesuaikan dengan Lisensi anda
    Contoh untuk Windows 7 Professional disana adalah FJ82H-XT6CR-J8D7P-XQJJ2-GPDD4;
    Maka ketik: slmgr /ipk FJ82H-XT6CR-J8D7P-XQJJ2-GPDD4(Enter, tunggu)
  3. kemudian ketik perintah slmgr /skms -DomainNameKMSServer
    Disesuaikan dengan Name Server KMS yang sudah dibuat (Hubungi Tim IT Jurusan Analis Kesehatan)
    Contoh: slmgr /skms kms.domainanda.com (Enter, tunggu)
  4. perintah akhir dengan slmgr /ato (Enter, tunggu)
  5. Restart dan cek Properties – My Computer.

2. Cara Aktivasi MS Office Menggunakan KMS Server

Lalu,

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator
  2. Kemudian masuk ke folder instalasi office dengan perintah cd "c:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office16" dan sesuaikan dengan tipe office yang diinstall, apakah tipe 32bit atau 64bit. Kalau 32bit di Program Files (x86) sedang 64bit di Program Files
  3. kemudian ketik perintah cscript ospp.vbs /inpkey:XQNVK-8JYDB-WJ9W3-YJ8YR-WFG99 Disesuaikan
  4. cscript ospp.vbs /unpkey:BTDRB >nul; langkah ini optional aja, gak mesti.
  5. cscript ospp.vbs /unpkey:KHGM9 >nul; langkah optional.
  6. cscript ospp.vbs /unpkey:CPQVG >nul; langkah optional
  7. cscript ospp.vbs /sethst:kms.domainanda.com; Disesuaikan dengan Name Server KMS yang sudah dibuat (Hubungi Tim IT Jurusan Analis Kesehatan)
  8. cscript ospp.vbs /setprt:1688
  9. cscript ospp.vbs /act

Bagi perangkat yang sudah berisi Windows atau Office lama dan sudah expire atau biasanya sudah diberikan Office 365 tapi harus aktivasi dan belum bisa digunakan. Sebelumnya kita harus merubah versi terlebih dahulu. Caranya ketik dibawah ini, lalu setelah langkah kedua di atas kemudian ketik perintah:

for /f %x in ('dir /b ..\root\Licenses16\proplusvl_kms*.xrm-ms') do cscript ospp.vbs /inslic:"..\root\Licenses16\%x"

Setelah perintah ini kemudian baru dilanjutkan dengan perintah ke3-9 di atas.

 

Pengecekan status aktivasi:

Restart dan cek Properties – My Computer.

Untuk mengecek status masa aktivasi, jalankan Comman Prompt dan ketikkan slmgr.vbs /xpr
Anda lalu akan mendapatkan informasi mengenai expiry date dari aktivasi. Secara default, aktivasi model KMS ini akan menampilkan expiry date 6 bulan setelah Anda aktivasi. Artinya, produk akan aktif selama 180 hari.
Setiap minggu, mesin user akan meminta untuk connect ke local server KMS. Jika berhasil, maka akan mereset waktu aktivasi menjadi 180 hari ke depan lagi. Dengan demikian, sebelum 180 hari berakhir, maka user diharuskan connect ke KMS local server dengan menjalankan ulang script di atas (di langkah aktivasi).

Selamat bekerja dan semoga bermanfaat. Wassalam..